Efek Samping Dan Bahaya Lensa Kontak Pada Mata

Bagi anda yang sering menggunakan lensa kontak sangat penting untuk mengetahui efek samping dan bahaya lensa kontak pada mata. Ingin tahu apa saja efek samping dan bahayanya ? Sima informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Efek Samping Dan Bahaya Lensa Kontak Pada Mata

Pada saat ini lensa kontak tengah banyak diminati dan digunakan oleh banyak orang karena kemudahannya dalam pemakaian. Terutama bagi anda yang memiliki masalah penglihatan pasti akan sangat setuju bahwa dengan menggunakan lensa kontak tidak hanya membantu penglihatan lebih baik tapi juga menujang penampilan lebih oke.

Namun, pernahkah terpikirkan oleh anda mengenai bahaya lensa kontak pada mata ? Disamping mudah menggunakannya ternyata lensa kontak memiliki sederet efek samping dan bahaya. Mungkin anda pernah merasakan atau sering merasakan setelah menggunakan lensa kontak mata menjadi merah atau mata merah.

Dimana mata merah yang biasanya disertai pembengkakan dapat dipicu oleh penggunaan lensa kontak dan make up mata yang tidak tahan air. Agar mata kita tetap sehat dan terjaga dengan baik meski menggunakan lensa kontak dan make up mata, serta lotion akan sangat berdampak baik bagi mata.

Perlu anda ingat ketika akan membersihkan make up, lensa kontak harus dilepas terlebih dahulu supaya tidak membuat mata merah atau pun terluka. Selain membuat mata merah masih ada sederet efek samping dan bahaya lensa kontak yang sering kita abaikan. ingin tahu seperti apa ? simak ulasan berikut ini.

Efek Samping Dan Bahaya Lensa Kontak Pada Mata

Kini saatnya untuk anda mengetahui efek samping dan bahaya lensa kontak pada mata guna mencegah gejala yang dapat ditimbulkan oleh lensa kontak itu sendiri. Dimana efek samping dan bahaya itu sebagai berikut :

  1. Menyebabkan Kebutaan

Buta atau kebutan merupakan suatu kondisi yang sangat mengerikan dimana mata atau indera penglihatan kita tidak bisa melihat hal apapun karena semuanya akan tampak gelap. Kebutaan dapat menjadi bahaya yang paling besar yang dipicu oleh pemakaian lensa kontak.

Pemakaian yang sebentar atau seperlunya saja tentu tidak akan menimbulkan masalah serius, namun ketika anda menggunakan lensa kontak dengan waktu yang sangat lama atau bahkan memakianya setiap hari, maka risiko ulkus kornea bisa meningkat. Hal inilah yang membawa anda pada kebutaan.

  1. Membuat Mata Bengkak

Penggunan lensa kontak memang terlihat sederhan dan mampu membuat penampilan kita terlihat lebih baik, namun ketika dibarengi dengan menggunakan maskara serta eyeliner yang tidak waterproof, maka mata yang tengah menggunakan lensa kontak bisa membengkak.

Selain itu, mata akan mudah menjadi bengkak ketika terkena bahan kimia tertentu, termasuk ketika anda pergi kesalon. Itulah mengapa anda harus berhati-hati agar mata anda tidak terkonaminasi oleh bahan kimia guna menghindari pembengkakan

  1. Membuat Penglihatan Kabaur

Menggunakan lensa kontak dengan dibarengi melakukan aktivitas merokok, maka akan membuat penglihatan anda menjadi kabur atau buram. Kondisi seperti ini bisa dipengaruhi karena asap rokok. Bahkan kondisi ini akan menjadi lebih parah jika terus-menerus dan secara sering menggunakan lensa kontak sambil merokok dimana risiko terbesarnya adalah kematian.

  1. Sakit Mata

Bahaya dari menggunakan lensa kontak yang berikutnya ialah mata yang mulai terasa sakit. tahukah anda bahwa menggunakan lensa kontak tidak sesederhana apa yang kita bayangkan, dimana mata akan merasakan sakit yang dapat dipicu oleh banyak hal mulai dari merokok dan bahkan ketika lensa mata masih digunakan saat berenang. Air yang ada dikolam renang mengandung zat klorin, sehingga tidak akan aman jika anda menggunakan lensa kontak saat berenang karena bisa merusak mata.

  1. Membuat Mata Kering

Jika anda adakah tipe orang yang aktif dan sering berpergian serta memiliki banyak aktivitas diluar ruangan, menggunakan lensa kontak cukup berbahaya. Keringnya mata bisa terjadi karena adanya asap dan terkena angin.

Maka untuk melindungi mata saat memakai lensa kontak, ada baiknya jika anda menggunakan kacamata, baik itu kacamata biasa atau kacamata hitam.Selain itu, mata kering juga dapat menjadi akibat dari penggunaan obat-obatan tertentu yang memicu penurunan kadar oksigen yang masuk kemata.

Pada kondisi tertentu, mata bisa bertambah sangat kering jika tidak seger ditetesi air khusus untuk lensa mata. Situasi seperti ini dapat dihindari dengan membawa selalu cairan khusus guna membuat permukaan lensa agar tetap basah.

  1. Menurunkan Produksi Air Mata

Bisa anda bayakan bahwa sebegitu berbahayanya menggunakan lensa kontak sampai-sampai produksi air mata terancam berkurang. Hal ini dikarenakan penggunaan lensa kontak di saat yang bersaaman dengan waktu anda mengkonsumsi obat tertentu.

Cotontahnya ketika anda mengkonsumsi pil KB dimana hormon esterogen otomatis akan meningkan dan ini justru akan membuat sensitivitas mata juga bertambah tehadap kontak. Saat produksi air mata menurun, mata pun akhirnya menjadi kering.

  1. Infeksi Pada Mata

Satu lagi kondisi bahya bila menggunakan lensa kontak, yaitu munculnya infeksi pada mata selain dari iritasi. Infeksi pada mata menjadi kasus yang sering dialami para pengguna lensa kontak. Risiko infeksi cukup besar apabila anda kerap menyentuh lensa kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dimana tangan yang tidak dalam keadaan bersih bisa membuat lensa kontak tekontaminasi.

Tidak hanya itu, infeksi juga dapat terjadi karena saat menyentuh lensa kontak, kuku anda yang panjang tidak sengaja membuat goresan atau bahkan robekan pada lensa. Faktor lain yang memicu infeksi pada mata ialah penggunaan lensa kontak yang tidak pernah diganti selama satu tahun atau lebih.

Harus anda ingan bahwa lensa kontak perlu diiganti setiap 3 bulan sekali dan sebaiknya tidak lebih lama dari itu karena infeksi dapat terjadi akibat kotoran lensa.

  1. Meningkatkan Sensitivitas Mata

Ketika anda menggunakan bahan yang anda anggap alami untuk lensa kontak, namun tidak disetujui FDA, maka bisa-bisa yang terjadi adalah kondisi alergi pada mata serta meningkatnya sensitivitas mata. Larutan pembersih alami yang bukan bersetatus FDA-approved sebaiknya dihindari dan jangan sekali-kali mengunakan apapun alasannya. Akan sangat dianjurkan kepada anda untuk menggunakan lensa kontak dengan jenis sekali pakai dalam sehari atau solusi yang berbasis peroksida dengan kandungan pengawet yang lebih sedikit.

Cara Mengobati Jenis Gangguan Pada Mata

Obat Mata Alami

Selain melakukan pengobatan secara medis, kini ada cara alami mengobati mata merah atau gangguan pada mata lainya yakni dengan mengkonsusmi secara rutin obat mata merah alami dari Sehat Mata Softgel.

Dimana produk herbal dari bahan alami ini sudah dipercaya mampu meringankan dan mengobati gejala penyakit mata merah akibat penggunaan lensa kontak. Bahan alami yang kami maksud adalah ekstrak biji anggur, ekstrak green tea, ekstrak jeruk gamaot, ekstrak buang canoli dan masih banyak lagi bahany alami lainnya.

Berkat bahan alami tersebut Sehat Mata Softgel sangat aman dikonsumsi semua usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Kenapa bisa ? karena produk herbal ini dioleh secara modren dengan serangkaian uji yang sangat ketat.

Selai itu, prduk herbal andalan msayarakan indonesia ini sudah memilki izin edar dari DEPEKES RI dan sudah memiliki nomor registrasi dari BPOM serat sudah mendapatkan seritifikat HALAL dari MUI sehingga sudah jelas bahwa prduk ini sangat aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Cara Mengobati Mata Merah Dengan Cocor Bebek

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengeni efek samping dan bahaya lensa kontak pada mata. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami ini.

Post By : Obat Mata Merah Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*