Manfaat kantong Teh Celup Bekas Untuk Mata Merah

Disamping anda mengkonsumsi obat mata merah alami, kini anda juga bisa mengobati mata merah dengan memanfaatkan kantong teh celup dan berikut ini adalah manfaat kantong teh celup bekas untuk mata merah.

Manfaat kantong Teh Celup Bekas Untuk Mata Merah

Tetunya anda sering meminum teh, tapi bekas kantong teh celupnya anda buang ? Sayang sekali, padahal kantong teh celup tersebut masih bisa dimanfaatkan.

Kantong teh tersebut bisa anda gunakan sebagai perawatan untuk mengatasi gangguan pada mata merah. Apa saja manfaat dari kantong teh celup tersebut dan bagaimana cara pakainya ? Simak ulasan berikut ini.

Manfaat kantong Teh Celup Untuk Mata

Menggunakan kantong teh bekas untuk pengobatan adalah salah satu pilihan alami dan juga terjangkau. Namun, jangan pakai sembarang jenis teh celup. Sebaiknya gunakan teh hitam, teh putih atau teh hijau.

Teh herbal juga bisa anda gunakan, misalanya teh roiboos, teh chamomile, teh melati dan teh daun mint. Berikut ini ada beberapa manfaat teh celup bekas untuk perawatan mata, dimana manfaat tersebut sebagai berikut :

  1. Menyembuhkan Mata Merah

Teh calendula, teh chamomlie dan teh adas memiliki potensi meredakan gejala mata merah. Teh ini dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan yang mengalair dari mata, sekaligus mengurangi pembengkakan dan iritasi.

Sementara teh hijau memiliki khasiat antimikroba, artinya bisa menangkal bakteri yang menyebabkan mata iritasi dan merah.

  1. Mengurangi Peradangan atau Pembengkakan Mata

kandungan flavonoid, yaitu salah satu kandungan antioksidan dan tanin dalam teh hitam dan teh hijaun sehingga memiliki efek positif untuk mata bengkak. Selain untuk mata kandungan tersebut juga membantu menjaga kulit disekitar mata agar tetap kencang.

  1. Menyamarkan Lingkaran Hitam

Kurang tidur bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam disekitara mata. lingkaran hitam atau mata panda ini tentu sangat mengganggu penampilan. Dengan menggunakan teh hitam atau teh hijau yang mengandung kafein bisa melancarkan kembali pembuluh dara pada area sekitar mata dan menyamarkan mata panda yang muncul.

  1. Meredakan Mata Bintitan

Mata bintitan biasnya ditandai dengan munculnya benjolan kecil di tepi kelopak mata. Menggunakan teh hitam, teh chamomile bermanfaat untuk mengobati gumpalan serata memiliki sifat antibakteri sehingga mencegah iritasi mata.

  1. Mengatasi Gejala Rosacea Pada Mata

Penyakit kulit rosacea umum terjadi dan sering kali menyebar ke area sekitar mata. Dengan menggunakan teh lavender, teh chamomile dan teh hijau dapat mengurangi gejala rosacea seperti kemeraha atau iritasi.

  1. Melembapkan Mata Kering

Bagi anda yang sering melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaran roda dua atau seharian bekerja di ruangan ber-AC, mata kering adalah salah satu keluhannya. Teh hitam dapat membantu mempertahankan kelembapan dan mengurangi mata kering.

  1. Mengatasi Mata lebam

Lebam, Bengkak atau memar pada mata kini bisa diobati dengan teh lavender dan teh chamomile. Teh tersebut akan membantu meredakan perdarahan dalam dan meningkatkan kulit iritasi serta meredakan nyeri.

Walapun beberapa jenis teh yang telah disebutkan diatas memiliki kandungan yang mampu mengatasi gangguan pada mata, tapi jika memang anda akan melakukan cara seperti diatas sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter anda.

Cara penggunannya

  • Gunakan teh celup seperti biasa untuk membuat teh, kemudian ambil kantong teh tersebut dan peras agar tidak terlalu basah.
  • Diamkan kantong teh hingga dingin atau simpan di dalam kulkas selama 10-20 menit
  • Kemudian, tempelkan kantong teh tersebut pada mata yang tertutup sambil melakukan pijat lembut dengn jari di sekitar area mata.
  • Lakukan hal tersebut selama 15-30 menit
  • Jangan pernah menempelkan kantong teh celup ke mata saat masih panas, karena akan mengiritasi mata anda.

Jika anda memang akan melakukan pengobatan dengan menggunkan teh celup bekas, maka anda harus benar-benar dan hati-hati karena mata adalah area sensitif. Untuk itu, perhatikan selalu kebersihan tangan anda dengan mencuci tangan sebulum melakukan perawatan.

Baca Juga : Mengenali Penyebab Dan Gejala Alergi Konjungtivitis

Nah, itulah beberapa manfaat kantong teh bekas semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami ini.

~ SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA LEKAS SEMBUH ~

Post By : Obat Mata Merah Alami

1 Trackback / Pingback

  1. 6 Penyebab Mata Merah Dan Gatal Yang Paling Mudah Dikenali

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*