Mengapa Mata Merah Tanpa Sebab ?

Tentunya ada alasan khusus mengapa mata merah tanpa sebab ? karena mata merah bisa muncul kapan saja tanpa disertai rasa nyeri. Hal ini merupakan tanda dan gejala awal munculnya suatu penyakit serius.

Mengapa Mata Merah Tanpa Sebab ?

Mata merah dapat muncul tanpa disertai dengan rasa nyeri. Hal ini merupakan salah satu tanda dan gejala awal akan munculnya suatu penyakit serius. Maka dari itu jika anda mengalami mata merah, tanpa disertai rasa sakit jangan dibiarkan begitu saja.

Mata merah cenderung akan mengganggu dan membuat para penderitanya merasakan tidak nyaman saat melakukan aktivitas, seperti berkonmunikasi dengan orang lain.

Selain itu, mata merah juga akan terasa sangat mengganggu penderitanya jika dibarengi dengan munculnya gejala seperti nyeri, perih, gatal, berair, belekan atau bahkan terlihat bengkak sehingga mengakibatkan penglihatan anda menjadi kabur atau samar-samar.

Mata merah juga bisa disertai dengan demam, membesarnya kelenjar getah bening, nyeri di kepala dan terganggunya penglihatan. Apabila anda mengalami gejal-gejala seperti diatas maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar mata merah anda bisa diatasi dengan cepat dan tepat.

Mengapa Mata Merah Tanpa Sebab ?

Mata merah secara umum terjadi karena adanya peradangan lapisan putih transparan di mata, yang dalam bahasa medis disebut konjungtiva. Sedangkan, kondisi mata yang memerah disebut Konjungtivitis. Kemerahan pada mata bisa terjadi akibat melebarnya pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah di lapisan tersebut.

Sangat beragam sekali penyebab meradangnya konjungtiva ini. Berikut ini ada beberapa penyebab konjungtivitis yang bisa dirasakan oleh siapa saja, dianataranya :

  • Cedera karena benturan
  • Iritasi karena benda asing masuk kedalam mata
  • Alergi
  • Infeksi
  • Mengalami peningkatan tekanan bola mata karena glaukoma atau batuk terlalu keras.
  • Mengejan terlalu kuat pada saat buang air besar atau mengangkat benda berat.

Selain dari itu, ada beberapa hal yang perlu kita waspadai jika mata merah disertai dengan keluhan berikut :

  • Menurunya kapastitas penglihatan
  • Mata sangat memerah disertai nyeri dimata dan kepala
  • Terlalu silau apabila terkena cahaya
  • Demam yang disertai dengan nyeri kepala yang hebat

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya sejumlah penyebab iritasi mata merah yang perlu segera ditangani oleh dokter sepesialis mata. Dan berikut ini ada beberapa alasan mengapa mata merah tanpa sebab, dimana alasan tersebut sebagai berikut :

  1. Jarang Berkedip

Seseorang yang tergolong jarang berkedip seperti hal nya pada orang normal lainnya. Terlebih lagi jika mereka sering bekerja di depan layar komputer, tablet atau smartphone.

Mata yang cenderung jarang berkedip dapat mengakibatkan mata menjadi merah akibat radiasi cahaya. Maka mata akan menjadi lelah, akibatnya mata akan terlihat merah tanpa disertai dengan rasa sakit atau nyeri.

  1. Alergi

Alergi yang bisa disebabkan oleh debu, serbuk sari, udara dingin, juga dapat memicu terjadinya mata merah dan air mata terus-menerus mengalair. Selain itu, mata anda akan menjadi merah tanpa disertai rasa sakit.

  1. Merokok

Roko yang memiliki segudang racun dan penyakit didalamnya, tidak lepas dari hal itu merokok juga menjadi salah satu penyebab mata menjadi memerah. Orang yang terlalu sering merokok, sama halnya dengan orang tersebut secara tidak langsung sudah menabung penyakit didalam tubuhnya.

Maka jangan heran apabila pada akhirnya pembuluh darah orang yang merokok akan menjadi rusak  dan menyebabkan mata merah tanpa alasan.

  1. Stres

Stres juga dapat dikatakan salah satu penyebab mata merah tanpa alasan. Hal ini bisat terjadi karena stres mengakibatkan darah terus-menerus mengalir yang berfokus pada daerah kepala dan sekitarnya.

Mata pun akan terkena imbas dari hal tersebut, sehingga pembuluh darah di mata akan terlihat membesar dan saraf optik akan terus-menerus menegang. Hal ini akan mengakibatkan mata memerah tanpa alasan.

  1. Luka

Pernah mengalami kecelakaan, luka, benturan atau cedera pada daerah sekitar mata, dengan terjaidnya hal tersebut akan menyebabkan pembuluh darah di sklera mata menajdi pecah. Hal itu membuat darah membanjiri mata, sehingga mata menjadi memerah darah.

  1. Sakit

Menggunakan lensa kontang secara terus-menerus atau terlalu lama tanpa rutin ditetesi dengan menggunakan obat tetes mata, maka mata akan mengalami peradangan pada bagian kelopak mata karena penyakit tertentu seperti Lupus, Rheumatoid arthritis dan Sjorgen yang akhinya menyebabkan mata menjadi  merah. Selain itu, diabetes juga bisa menjadi penyebab menurnnya sistem imun, sehingga anda rentan terkena mata merah.

  1. Menangis

Menangis membuat kelenjar di sekitar mata memproduksi air mata secara berlebihan. Konsetrasi produksi air mata ini membuat pembuluh darah kita di fokuskan ke mata dan sekitaranya. Oleh karena itu, pembuluh darah di mata kita akan jadi membesar, yang akhirnya mengakibatkan mata terlihat merah.

  1. Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual seperti gonore dan chlamydia ini memiliki beberapa tanda, salah satu tandanya adalah mata memerah tanpa ada alasan.

  1. Bakteri

Ada juga beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di telinga dan lambung, tetapi juga sangat berpotensi menyebabkan mata merah atau konjungtivitis.

  1. Berenang

Salah satu cara agar air kolam renang tetap terlihat bening dan bersih biasanya mereka menggunakan klorin. Zat ini relatif aman jika memang terminum sampai pada takaran tertentu. Namun, paparan klorin pada tubuh secara terus-menerus akan menyebabkan mata menjadi merah.

Cara Mengatasi Mata Merah Tanpa Sebab

Setelah anda mengetahu beberapa penyebab mata merah tanpa sebab. Mata merah juga merupakan salah stau tanda bahwa kita harus ekstra hari-hati dalam menjadi kesehatan mata.

Namun apabila mata merah tanpa sebab ini sudah terlanjur terjadi, yang perlu anda lakukan adalah mengatasi mata merah tersebut denga melakukan hal-hal seperti dibawah ini, antara lain :

  • Jangan menyentuhu mata sembarangan, karena bisa saja tangan anda menjadi tempat menempelnya bakteri. Apabila mata anda terkena bakteri debu, bisa jadi bakteri itu masuk ke mata dan mengakibatkan iritasi mata.
  • Hindari menggunakan lensa kontak terlalu lama. Bagimana pun, lensa kontak adalah benda asing bagi mata. Jika anda menggunakannya secara berlebihan atau bahkan sampai terbawa tidur maka hal tersebut akan sangat berbahaya bagai kesehatan mata untuk jangka yang panjang.
  • Anda bisa menggunakan kain lembut seperti tisu yang sudah dibasahi dengan air terlebih dulu, kemudian tempelkan tisu tersebut pada mata yang merah. Hal ini adalah salah satu cara membuat mata agar tetap lembab, sehingga merah di mata mejadi sedikit berkurang.
  • Penggunana obat mata merah alami juga merupakan sala satu cara dari bentuk pengobatan untuk menyembuhkan mata merah. Apabila mata merah anda sudah di obati denga menggunakan obat tersebut, maka kondisi mata merah anda akan cepat membaik dan sebmbuh

Baca Juga : Cara Mencegah Dan Mengobati Mata Merah

Demikian informasi mengenai alasan mengapa mata merah tanpa sebab, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa menambah inlmu pengetahuan anda. Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak.

Post By : Obat Mata Merah Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*